PNJ

Akuntansi

politeknik negeri jakarta


Program Studi S1 Terapan Akuntansi


Program Studi S1 Akuntansi Terapan

VIsi

Menjadi Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi yang unggul dan mampu bersaing di tingkat internasional pada tahun 2029.

Misi

1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan vokasi dalam bidang akuntansi yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, berkarakter tinggi untuk pengabdian kepada Negara dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

2. Mengembangkan penelitian akuntansi terapan yang inovatif dan menerapannya dalam dunia kerja guna meningkatkan daya saing bangsa.

3. Mengembangkan Program studi sarjana terapan dalam bidang akuntansi sesuai dengan kebutuhan dunia bisnis.

Tujuan

1. Menghasilkan Sarjana Terapan dibidang akuntansi yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkarakter, terampil, berjiwa wirausaha, berwawasan nasional dan mampu bersaing di tingkat internasional

2. Menciptakan iklim penelitian terapan yang mampu mendukung pengembangan dibidang keuangan dan perbankan .

3. Membangun PS yang adaptif dan responsif terhadap tuntutan dan perkembangan internal dan eksternal, melalui pemanfaatan sumber daya.

4. Menghasilkan kerjasama PS dengan berbagai indusri dan institusi lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional.

Profile

Program Studi akuntansi S-1 Terapan dimulai pada tahun 2013. Kompetensi lulusan Program Studi S-1 Terapan Akuntansi Keuangan adalah memiliki kemampuan memahami konsep akuntansi keuangan secara komprehensif, memiliki kemampuan praktis dalam bidang akuntansi keuangan yang meliputi menyelesaikan siklus akuntansi dengan benar sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku, menerapkan sistem teknolgi informasi dalam pengelolaan transaksi keuangan dan bisnis, menyusun dan mengevaluasi anggaran dengan baik, tepat, dan benar, menghitung harga pokok produk dan jasa dengan tepat dan benar, membuat dan merancang sistem informasi akuntansi dan aplikasi program akuntansi, menyelesaikan pekerjaan akuntansi dan administrasi perpajakan dengan baik, tepat, dan benar, melakukan analisis serta pemeriksaan akuntansi atas transaksi dan laporan keuangan, mampu mengembangkan bakat kewirausahaan dengan dilandasi etika dan kepribadian yang baik dalam kegiatan produktif dan dalam berinteraksi dengan masyarakat/lingkungannya.

Lulusan S-1 Terapan Akuntansi memiliki peluang mengisi posisi setingkat manajer dalam bidang akuntansi, keuangan maupun pajak, baik di industri manufaktur, perdagangan, industri keuangan, industri jasa, instansi pemerintah, sektor publik. Lulusan S-1 Terapan Akuntansi PNJ dapat pula mengembangkan profesinya ke jalur Profesi Akuntan.

Secara umum profesi atau pekerjaan yang dapat digeluti lulusan sarjana terapan akuntansi diantaranya adalah Auditor, Konsultan Pajak, Manajer Keuangan, Dosen, Akuntan Publik, Bagian Perpajakan, Staff Accounting, Akuntan Pendidik, Akuntan Pemerintah, Coorporate Secretary, Manajer Accounting, Analis Sistem Informasi Akuntansi, Enterpreneur di berbagai bidang usaha.