PNJ

Akuntansi

politeknik negeri jakarta


PS S1 Terapan Keuangan Dan Perbankan Syariah


Program Studi S1 Terapan Keuangan Dan Perbankan Syariah (KPST), terakreditasi B

Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah merupakan pendidikan vokasi jenjang S-1 Terapan yang berdiri pada tahun 2009 berdasarkan surat ijin DIKTI No. 1934/D/T/2009 tanggal 28 Oktober 2009. Tujuan program ini mempersiapkan sumber daya insani yang profesional dan kompeten dalam bidang keuangan dan perbankan syariah yang menguasai dengan baik ilmu-ilmu ekonomi, keuangan dan perbankan Islam seperti ayat dan hadits ekonomi, Fiqih muamalah ekonomi, pemikiran ekonomi Islam, ekonomi mikro/makro Islam, manajemen pembiayaan syariah serta produk dan jasa bank syariah, disertai dengan internalisasi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya sehingga menghasilkan pribadi yang memiliki integritas Islami (Islamic Personal Integrity) yang kuat, penguasaan wawasan dan keilmuan yang up to date mengenai perbankan syariah dan pengelolaannya, serta penguasaan atas keterampilan manajerial dan perangkat-perangkat pengambil keputusan dalam pengelolaan lembaga keuangan syariah, khususnya perbankan syariah. Program ini juga mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki keahlian hubungan pribadi dan antarpribadi (personal dan interpersonal skills) yang baik dan berjiwa wirausaha.

Lulusan Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah dapat bekerja pada industri perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah lainnya (asuransi syariah, pegadaian syariah, pasar modal syariah, reksadana syariah, dll) sebagai analis pembiayaan, pengembangan produk, maupun pemasaran. Profesi prospektif lainnya adalah sebagai konsultan sektor Islamic finance maupun wirausahawan syariah.

Kurikulum Program Studi Sarjana Terapan Keuangan dan Perbankan Syariah disusun mengacu kepada Visi dan Misi Program Studi, yang disusun secara bersama dengan stakeholder meliputi industri perbankan syariah. Diawali dari workshop kurikulum yang melibatkan industri perbankan syariah, lembaga pendidikan yang telah berpengalaman mengelola pendidikan perbankan seperti Lembaga Pengembangan Perbankan Indonsia (LPPI) dan Muamalat Institut (MI), STEI Tazkia, dan bank syariah yaitu Bank Syariah Mega, disusun kompetensi yang ada di industri. Dengan mengacu kepada SK Mendiknas RI nomor 045 tahun 2002, disusun Struktur Kurikulum dan dibagi atas lima kelompok mata kuliah yaitu: Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK), Mata Kuliah Ketrampilan (MKK), Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB), Mata Kuliah Berprilaku Kehidupan Bermasyarakat (MBB), dan Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB). Struktur kurikulum dilengkapi dengan modul-modul, dalam bentuk buku ajar. Dalam pelaksanaannnya diawali dengan rancangan SAP dan GBPP serta mekanisme evaluasi yang dilakukan setiap akhir semester. Kurikulum juga dirancang berdasarkan relevansi dengan tujuan program studi, serta memuat cakupan kedalaman materi, pengorganisasian yang mendorong terciptanya hard skill dan keterampilan kepribadian serta perilaku (soft skill) yang dibutuhkan oleh industri.