PNJ

Akuntansi

politeknik negeri jakarta


Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan


Program Studi D3 Keuangan dan Perbankan (KP), terakreditasi A

Program Studi D-3 Keuangan dan Perbankan merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma 3, berdiri tahun 1986 menyelenggarakan dan mengembangkan proses belajar mengajar secara teoritis dan praktis yang berkualitas dalam bidang sektor keuangan dan perbankan, kemampuan analisis pembiayaan, kemampuan analisis risiko portofolio, kemampuan merencanakan, melaksanakan pengendalian dan supervisi di lembaga keuangan, kemampuan memasarkan produk dan jasa keuangan, menggunakan aplikasi teknologi informasi di bidang keuangan.

Kopetensi Lulusan Program Studi D-3 Keuangan dan Perbankan yang berjiwa wirausaha yang mampu mengidentifikasi kesempatan dan peluang bisnis, menyusun bisnis plan.

A. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi

Visi program studi

“Menjadikan Program Studi yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam bidang Keuangan dan Perbankan, yang berdaya saing di tingkat Internasional pada tahun 2020”

Misi program studi

a) Menghasilkan lulusan di tingkat ahli madya yang memiliki pengetahuan teoritis dan praktis dalam bidang keuangan dan perbankan yang berbasis tehnologi, serta penguasaan terhadap bahasa internasional, sehingga siap memasuki dunia kerja, baik nasional maupun internasional, dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

b) Mengembangkan proses belajar mengajar yang berkualitas, dengan memadukan ilmu pengetahuan dari kalangan akademisi dan praktisi dalam bidang keuangan dan perbankan, guna mencapai kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan pengguna (user).

c)Mengembangkan program studi keuangan dan perbankan yang bermutu dan memiliki jejaring yang luas, membina hubungan dengan dunia industri, jasa dan alumni, dalam rangka memudahkan lulusan memperoleh pekerjaan.

d) Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melibatkan partisipasi aktif sivitas akademika dan pemangku kepentingan.

Tujuan program studi

1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter dan berwawasan serta berdaya saing di tingkat Internasional.

2. Menghasilkan lulusan yang mampu menangani masalah teknis dan organisasi yang berkaitan dengan lembaga keuangan, baik bank atau non-bank.

3. Menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan tugas keuangan dan perbankan

4. Menyelaraskan keahlian lulusan yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Sasaran

1. Terciptanya sumberdaya manusia yang memiliki integritas, mandiri dan beretika professional.

2. Terciptanya sumberdaya manusia yang mampu mengaplikasikan pengetahuan keuangan dan perbankan.

3. Terciptanya lulusan yang inovatif, kreatif dan terampil dalam sektor keuangan dan perbankan, serta pengetahuan praktis lain yang didukung dengan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

4. Terciptanya lingkungan akademisi yang kondusif bagi pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

B. PROFIL LULUSAN

Program Studi D3 - Keuangan dan Perbankan, Politeknik Negeri Jakarta, dapat memberikan jaminan pada calon mahasiswa untuk dapat berperan menjadi:

a. Customer Service

b. Teller

c. Account Officer

d. Administrasi Kredit

e. Credit Analysis

f. Supervisor Kas

g. Funding Officer

h. Manajer Pemasaran

i. Asisten manajer Operasional

j. Manajer Operasional

k. Supervisor Administrasi Kredit

l. Supervisor Dana dan Jasa (DJS)

m. Dealer Broker

n. Treasurer