PNJ

Akuntansi

politeknik negeri jakarta


Akuntansi


Jurusan Akuntansi, mempersiapkan peserta didik menjadi tenaga ahli menengah profesional dan kompeten yang mampu mengisi posisi penyelia atau pelaksana dalam bidang akuntansi, perpajakan, keuangan dan perbankan yang memiliki kemampuan dalam pembukuan, penyusunan, analisis laporan keuangan dan sistem informasi akuntansi, merancang administrasi perpajakan, melaksanakan tugas operasional keuangan dan perbankan. Hingga saat ini Jurusan Akuntansi memiliki dua program studi dengan jumlah dosen pengampu mata kuliah sejumlah 59 orang. Lulusan telah bekerja di perusahaan-perusahaan baik nasional maupun multinasional.

Program Studi Akuntansi (terakreditasi A)
Program Studi Akuntansi merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III, berdiri tahun 1986, mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dan kompeten dalam bidang akuntansi yang mampu menghitung harga pokok produk dan jasa, menyusun anggaran, melakukan internal kontrol, mengerjakan kertas kerja audit dan laporan audit, menerapkan sistem teknologi informasi dalam pengelolaan akuntansi. Program Studi Akuntansi menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA /IPS dan SMK bidang akuntansi.
Lulusan Program Studi Akuntansi mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia dan pelaksana di berbagai perkantoran industri manufaktur dan jasa, kantor akuntan.

Program Studi Keuangan dan Perbankan (terakreditasi B)
Program Studi Keuangan dan Perbankan merupakan pendidikan vokasi jenjang Diploma III yang berdiri pada tahun 1986 mempersiapkan sumberdaya manusia profesional dan kompeten dalam bidang keuangan dan perbankan yang mampu melaksanakan pekerjaan operasional perbankan dan lembaga keuangan seperti lalu-lintas pembayaran, menjalankan fungsi teller, analisa investasi dan administrasi ekspor-impor. Program Studi Keuangan dan Perbankan menawarkan program reguler untuk lulusan SMA IPA /IPS dan SMK bidang akuntansi.
Lulusan Program Studi Keuangan dan Perbankan mempunyai kesempatan mengisi posisi penyelia dan pelaksana di berbagai industri manufaktur dan jasa, bank, lembaga keuangan.

Program Sarjana Sains Terapan Keuangan Dan Perbankan Syariah
Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah merupakan pendidikan vokasi Sarjana Sains Terapan yang berdiri tahun 2009 berdasarkan surat ijin DIKTI No.1934/D/T/2009. Proses pendiriannya didukung oleh industri perbankan syariah di Indonesia yaitu Bank Muamalat Indonesia melalui Muamalat Institute dan Bank Syariah Mega Indonesia. Program ini menerima mahasiswa pertama kali pada tahun ajaran 2010/2011. Tujuan program ini mempersiapkan sumber daya insani yang profesional dan kompeten dalam bidang keuangan dan perbankan syariah yang menguasai dengan baik ilmu-ilmu Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Islam seperti Ayat dan Hadits Ekonomi, Fiqh Muamalah Ekonomi, Pemikiran Ekonomi Islam, Ekonomi Mikro/Makro Islam, Manajemen Pembiayaan Syariah serta Produk dan Jasa Bank Syariah, disertai dengan internalisasi nilai-nilai yang terkandung didalamnya, sehingga menghasilkan pribadi yang memiliki integritas islami (IslamicPersonal Integrity) yang kuat, penguasaan wawasan dan keilmuan yang up to date mengenai perbankan syariah dan pengelolaannya, serta penguasaan atas keterampilan manajerial dan perangkat-perangkat pengambil keputusan dalam pengelolaan lembaga keuangan syariah, khususnya perbankan syariah. Program ini juga mempersiapkan sumber daya insani yang memiliki keahlian hubungan pribadi dan antar pribadi (personal dan interpersonal skills) yang baik dan berjiwa wirausaha.
Lulusan Program Studi Keuangan dan Perbankan Syariah dapat bekerja pada industri perbankan syariah dan lembaga keuangan syariah lainnya (Asuransi Syariah, Pegadaian Syariah, Pasar Modal Syariah, Reksadana Syariah) sebagai analis pembiayaan, pengembangan produk, maupun pemasaran. Profesi prospektif lainnya adalah sebagai konsultan sektor Islamic Finance maupun wirausahawan syariah.